Manfaat BawangDayak

Bawang Dayak (Eleutherina Americana)
Ditulis Oleh Diperta Tan. Pangan & Hortikultura Prov. Kalimantan Barat
Thursday, 13 August 2009












BAWANG DAYAK

(Eleutherina Americana)

Pendahuluan

Bawang Dayak mempunyai nama latin Eleutherina americana. Dikenal juga dengan sebutan bawang mekah, bawang seberang atau bawang arab. Bawang Dayak merupakan obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit degeneratif. Bawang Dayak adalah salah satu spesies tumbuhan berbunga dan berumbi di hutan Kalimantan yang biasa digunakan oleh masyarakat pedalaman menjadi obat/ramuan tradisional.

Bawang Dayak secara empiris banyak digunakan dalam pengobatan herbal dan terbukti berhasil dengan baik dalam proses penyembuhan. Pengalaman menunjukkan tanaman ini dapat meningkatkan efek farmakologi khasiat tanaman herbal lain.



Budidaya dan Ciri Tanaman

Bawang Dayak ini tumbuh di pegunungan pada ketinggian 600 – 2.000 m dpl. Di Kalimantan Barat bawang dayak ditanam pada ketinggian 1 – 200 m dpl, dengan pH tanah 6 – 7.

Tanah Subur dan struktur remah, kandungan bahan organik tinggi, pertanaman terluas dilakukan di lahan gambut dengan produksi yang cukup baik dapat mencapai 5 ton/ha. Bagian yang ditanam adalah umbinya dan yang bermanfaat sebagai obat kanker payudara. Selain itu daunnya juga bermanfaat sebagai pelancar air susu ibu (ASI). Bentuk dan warna bawang ini mirip dengan bawang merah.

Bagian bawang membentuk rumpun, termasuk tanaman perdu. Dalam waktu 6 bulan umbi sudah bisa diambil dengan tinggi sekitar 20 cm. Tanaman ini menghendaki tanah yang gembur subur dengan campuran bahan organik dengan jarak tanam 15 x 20 cm. Bawang dayak ini dapat dipanen dengan tanda tanaman sudah mengeluarkan bunga.

Bawang dayak mempunyai kandungan kimia yang terdiri dari senyawa-senyawa Alkaloidd, Saponon Triterfenoid, Steroid, Glikosida, Tanin, Fenolik dan Flavonoid.



Manfaat

Dari pengalaman beberapa penderita kanker payudara, benjolan sebesar kelereng dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bawang dayak.

Bawang dayak dikombinasi dengan tanaman herbal lain (kunyit putih atau mahkota dewa) terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit antara lain keluhan prostat, kanker kista, payudara/rahim, gangguan haid, asam urat, nyeri otot dan sendi (arthritis), nyeri pinggang, dispepsia (nyeri, mual, kembung), radang usus, maag, gastritis, gangguan lever, dan hepatitis, gangguan kemih (tidak lancar, nyeri/anyang-anyang, berdarah), diabetes, hipertensi, obesitas (kegemukan), gangguan seksual (lemah syahwat, ejakulasi dini, kurang gairah), ashma/bronkhitis, sinusitis, tonsilitis, gondok, pengapuran, menghambat proses penuaan dan peremajaan sel-sel dan metabolisme dalam tubuh, meningkatkan stamina dan vitalitas (olah raga/bekerja), daya tahan tubuh, serta berkhasiat sebagai anti infeksi, anti bakteri, anti radang serta membersihkan darah.

Cara pemakaian untuk kanker :

1. Cuci 5 – 7 siung bawang dayak diiris tipis, direbus dengan 5 gelas air tinggal 3 gelas.

2. Air diminum 3 x sehari

3. Untuk hari ke – 2, rebusan dapat ditambah air dan direbus kembali.

4. Untuk penyembuhan kanker payudara dilakukan dengan mengkonsumsi selama 40 hari berturut-turut dan jika belum sembuh dapat dilanjutkan seminggu kemudian, selama 40 hari lagi.

5. Selama pengobatan dihindari memakan makan berupa vetsin, lemak, daging dagingan, dan yang mengandung fermentasi seperti tape, tempe, dan soft drink mengandung alkohol, dan gas.

Comments

  1. Yang butuh bawang dayak segar bisa hubungi kami 082136712513 atau chasiapro@gmail.com @Trims Prabowo Jogja

    ReplyDelete
  2. Kami menjual Bawang Dayak segar dan kering dengan harga sbb:
    - Bawang Dayak segar : Rp.75.000,-/kg, beli 4 kg gratis 1 kg
    - Bawang Dayak kering rajangan/simplisia : Rp.195.000,-/kg
    - Bawang Dayak serbuk/bubuk : Rp.225.000,-/kg

    Info dan pemesanan SMS ke 0857-5482-8377
    Pin BBM : 752DBA70

    ReplyDelete
  3. bawang dayak banyak sekali manfaatnya, sangat mudah dikonsumsi jika bentuknya kapsul, kami menyediakan bawang dayak kapsul , ekstrak lebih bagus karena kandungannya lebih padat sehingga lebih mantap untuk mengatasi penyakit.
    mksih

    ReplyDelete
  4. PROMO AKHIR TAHUN BAWANG DAYAK SEGAR
    -1kg = 55rb
    -5kg up = 50rb/kg
    -10kg up = 45rb/kg
    -25kg up = 40rb/kg
    info dan pemesanan hubungi 0858-6918-4198 http://kampoeng-herbals.blogspot.com. trimakasih

    ReplyDelete
  5. Saya memed (08123467220) (BBM 53A5C0BA) dari jember mau menawarkan bawang dayak dalam bentuk segar 50.000 dan bentuk kering 150.000. untuk keamanan transaksi dan lokasi kami, silahkan cek no telp rumah kami di 108 an memed sigid widagdo d/a perum griya manglil indah blok Q no 2 mangli jember. trims

    ReplyDelete
  6. kami petani bawang dayak menyediakan bawang dayak segar denngan harga se kg 40.000 hub 08968936372

    ReplyDelete
  7. saya petani bawang dayak menjual bawang dayak segar per kg 40.000 hub 089689363732

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Daftar Harga BawangDayak

KESAKSIAN